15 Film Terbaik Sepanjang Masa !


Memilih film terbaik sepanjang masa adalah tugas yang sangat sulit, karena ada begitu banyak film-film besar untuk dipilih. Daftar ini berisi beberapa film terbesar dari banyak genre/aliran. Semoga anda mendapatkan beberapa inspirasi .

1. His Girl Friday

1940, Disutradarai oleh Howard Hawks
Pemain: Cary Grant, Rosalind Russell, Ralph Bellamy

His Girl Friday adalah salah satu yang terbaik, jika bukan yang terbaik, maka film romantis sepanjang masa. Cary Grant adalah seorang editor surat kabar mencoba merayu kembali bintang reporter nya, yaitu mantan istrinya Rosalind Russell. Berharap untuk mengetuk hati mantan istrinya yang sudah bertunangan, ia malah berhadapan dengan sidang percobaan pembunuhan abad ini. Kedua aktor ini memerankan perananannya dengan baik, mengundang kecaman sekaligus kelakar sepanjang film untuk meraih penghargaan sebagai film komedi romantis terbaik. Film ini berada di urutan 13 dalam daftar Film-film Komedi Terbaik Sepanjang Masa yang dikeluarkan oleh The Guardian.

2. Lord of the Rings

2001, Disutradarai oleh Peter Jackson
Pemain: Elijah Wood, Cate Blanchett, Orlando Bloom, Billy Boyd, Liv Tyler

Sebuah adaptasi dari hasil karya fantasi epik J.R.R. Tolkien, The Lord of the Rings merupakan trilogi yang terdiri dari The Fellowship of the Ring, The Two Towers, dan The Return of the King. Tidak seperti kebanyakan sekuel film, ketiga film ini menggabungkan satu kisah fantasi daripada tiga cerita yang terpisah. Seri ini termasuk dalam daftar Rolling Stone sebagai sepuluh film terbaik dekade ini. Ketiga film ini juga mendapatkan peringkat yang baik di kalangan pengulas IMDb.

3. It's a Wonderful Life

1946, Disutradarai oleh Frank Capra
Pemain: James Stewart, Donna Reed, Lionel Barrymore

It's a Wonderful Life sangat identik dengan hari Natal seperti menghias pohon dan menyanyikan pujian. Film ini banyak mengangkat sisi kemanusiaan dan menempati peringkat teratas di Institute Film Amerika sebagai film paling menginspirasi sepanjang masa.

4. Psycho

1960, Disutradarai oleh Alfred Hitchcock
Pemain: Anthony Perkins, Janet Leigh, Vera Miles, John Gavin

Alfred Hitchcock membawa Psycho ke bioskop pada tahun 1960, dan para penggemar mulai mengintip melalui tirai kamar mandi sejak saat itu. Anthony Perkins adalah contoh yang bagus untuk seni peran ketika memerankan Norman Bates dan Janet Leigh tampil memukau ketika memerankan dengan sempurna antara wanita pekerja dan wanita 'sex siren' (wanita yang berpenampilan seksi untuk memikat pria dan kemudian mencampakkannya). Psycho memperkenalkan istilah psikologis seperti 'unresolved Oedipus complex' yang kemudian menjadi bagian dari dialog Amerika. Film ini berada di posisi empat dalam daftar IMDB sebagai film psycho terbaik.

5. The Great Escape

1963, Disutradarai oleh John Sturges
Pemain: Steve McQueen, James Garner, Richard Attenborough, Charles Bronson, James Coburn

Sungguh merupakan film penuh aksi! Para pemain bintang yang dipimpin oleh Steve McQueen dan Richard Attenborough merencanakan skema berisiko untuk melarikan diri dari kamp tawanan perang Stalag Luft III. Penonton bersorak ketika mereka melarikan diri, merasa ngeri ketika mereka tertangkap, dan menangis karena beberapa karakter favorit mereka dibunuh. Film ini didasarkan pada kisah nyata dan menempati peringkat dua dalam daftar 20 film klasik Amerika terbaik untuk kategori pelarian.

6. 12 Angry Men

1957, Disutradarai oleh Sidney Lumet
Pemain: Henry Fonda, Lee J. Cobb, E.G. Marshall

12 Angry Men menyoroti sistem peradilan di Amerika sebagaimana film Frank Capatra It's a Wonderful Life menyoroti Natal. Film ini mengangkat kemanusiaan. Dengan pengecualian dari adegan pembukaan dan penutupan, film berlangsung di ruang sidang. Ada adegan juri bertengkar untuk memutuskan apakah seorang anak muda Hispanik menikam ayahnya atau tidak. Pemirsa menyaksikan para juri menghadapi masalah rasisme, berurusan dengan kemarahan, dan tersiksa menjaga status quo. Film ini sangat baik dan benar-benar dapat membuat anda ingin mendaftar di sekolah hukum. Film ini masuk dalam daftar 52 film yang sempurna yang dipublikasikan di blog Geek Cinema dan termasuk di antara film-film terbaik yang tampil di Filmsite.org.

7. The Wizard of Oz

1939, Disutradarai oleh Victor Fleming
Pemain: Judy Garland, Jack Haley, Billie Burke, Bert Lahr, Ray Bolger

Dengan pemain yang berbeda-beda karakter, petualangan Dorothy di atas pelangi di tanah penus magis Oz terus memikat pemirsa dari segala usia, bahkan sampai puluhan tahun setelah rilisnya. Film klasik populer ini menempati peringkat satu di Institut Film Amerika dalam 10 film fantasi terbaik sepanjang masa.

8. Lawrence of Arabia

1962, Disutradarai oleh David Lean
Pemain: Omar Sharif, Peter O'Toole, Anthony Quinn, Alec Guinness

Lawrence of Arabia adalah cerita fiksi dari kehidupan T.E. Lawrence dimana ia berjuang dengan pertanyaan-pertanyaan tentang kekerasan selama Perang Dunia I di area Afrika dan Timur Tengah. Film ini memiliki daftar "terbaik untuk" di banyak kategori dan menjadi film epic terbaik oleh The Daily Mail.

9. The Graduate

1967, Directed by Mike Nichols
Cast: Dustin Hoffman, Anne Bancroft, Katherine Ross

Menceritakan seorang mahasiswa perguruan tinggi yang baru saja lulus, Dustin Hoffman, dan perselingkuhannya dengan Anne Bancroft yang sangat menarik perhatian dan penuh gairah telah mengubah budaya yang selama ini ada. The Graduate adalah salah satu ikon film Amerika dan digambarkan oleh The Huffington Post sebagai salah satu dari 10 film terbaik yang dibuat oleh Dustin Hoffman. Film ini juga termasuk dalam daftar The Guardian untuk 25 film arthouse terbaik sepanjang masa.

10. Casablanca

1942, Disutradarai oleh Michael Curiz
Pemain: Humphrey Bogart, Ingrid Bergman, Paul Itenreid, Claude Rains, Conrad Veidt, Peter Lorre

Humphrey Bogart terombang-ambing antara cinta dalam hidupnya dan keinginan untuk melakukan sesuatu yang benar dalam film klasik romantis tahun 1942. Film ini layak mendapatkan bintang baik dari segi pertunjukkan maupun musiknya, namun yang tak kalah hebat film ini membawa pengaruh yang besar terhadap industri hiburan saat ini. Casablanca muncul di banyak daftar penting, termasuk 100 film sepanjang masa majalahTime, 100 Tahun Institut Film Amerika, dan 1000 film terbaik dalam daftar New York Times.

11. Citizen Kane

1941, Disutradarai oleh Orson Welles
Pemain: Orson Welles, Joseph Cotten, Agnes Moorehead, George Coulouris, Harry Shannon

Ini adalah film yang menempatkan kata "Rosebud" di bibir setiap orang ketika mendapatkan pengarahan dari sutradara Orson Welles. Citizen Kane adalah film teratas dalam daftar 100 film di100 tahun Institut Film Amerika. Film ini juga muncul di banyak daftar lainnya, termasuk 100 Film Sepanjang Masa majalah Time.

12. The Godfather

1972, Disutradarai oleh Francis Ford Coppola
Pemain: Marlon Brando, Al Pacino, James, Caan, Robert Duvall, Diane Keaton, Abe Vigoda

Lebih dari sekedar film mafia, The Godfather menyentuh tema-tema yang abadi dengan menampilkan aktor-aktor ternama. Film ini selalu menduduki tempat utama pada Top 250 Database Film Internet, mendapatkan rating 9,2 dari pengguna IMDb dan berada pada daftar 10 Film Terbaik Sebanyak Masa dari Institut Film Amerika.

13. Gone with the Wind

1939 , Disutradarai oleh Victor Fleming
Pemain: Clark Gable, Vivian Leigh, Leslie Howard, Olivia de Havilland, Richard Farnsworth

Dengan latar belakang sejarah perang sipil Amerika yang menarik, setting-an dan kostum yang mewah, perjuangan hidup dan mati, serta asmara, telah menjadikan film ini menjadi salah satu film klasik terbaik. Film ini menduduki peringkat empat pada 100 tahun Institut Film Amerika di daftar 100 film. Film ini juga muncul di daftar film-film terhebat pada Filmsite.org.

14. Schindler's List

1993, Disutradarai oleh Steven Spielberg
Pemain: Liam Neeson, Ben Kingsley, Ralph Fiennes, Caroline Goodall

Sutradara terkenal Steven Spielberg mengambil subjek yang suram dan menyentuh, membuat drama tentang kemanusiaan dan harapan di era yang mengerikan. Oskar Schindler menggunakan akal dan koneksi-koneksinya untuk menyelamatkan ribuan orang Yahudi dari kamp konsentrasi Hitler. Sinematografi didominasi warna hitam-putih untuk memberikan efek film dokumenter dan menambah bobot pada film. Film ini mendapat peringkat 7 diantara para pengguna IMDb dan peringkat 3 pada 100 tahun Institut film Amerika. Dijelaskan juga pada FilmCritic.com sebagai yang terbaik dari semua film Spielberg dan film terbaik kedua tentang Holocaust.

15. To Kill a Mockingbird

1962, Disutradarai oleh Robert Mulligan
Pemain: Gregory Peck, Robert Duvall, Mary Badham, Richard Hale

Diangkat dari novel karya Harper Lee tentang seorang pengacara di daerah selatan yang bertempur melawan rasisme di sebuah kota kecil karena anak-anaknya akan tumbuh bersama pengalaman tersebut. Film ini menjadi mata pelajaran pokok kelas bahasa inggris di SMA, dan film ini diakui sebagai film terbaik tentang hak asasi yang pernah dibuat. Gregory Peck berubah dalam performanya yang mengesankan sebagai Finch Atticus yang mulia, tokoh pahlawan terbaik pada Daftar 100 Tokoh Pahlawan dan Penjahat … 100 Tahun versi Institut Film Amerika. Film ini juga mendapat peringkat kedua pada daftar 100 film pada 100 tahun Institut Film Amerika.


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Belajar Bahasa Inggris