Link Building Strategy

Outward Link Bisa Membunuh!

Link Building merupakan hal yang sangat penting untuk membangun Pagerank sebuah situs. Tetapi masih ada juga pemilik situs yang tanpa sengaja melakukan kesalahan kesalahan dalam peperangan ini. Hati-hatilah dalam mengelola outward/inward link pada situs yang anda buat khusus untuk mencari uang! (artikel ini saya tulis beberapa waktu lalu dalam bahasa Inggris)

Link building strategy, sudah menjadi kebiasaan bagi para pemilik situs berputar dalam tukeran link untuk mendapatkan link dua arah atau istilah kerennya reciprocal link exchange. Sementara orang memahami bahwa link sangat penting, tapi mereka tidak tahu mengapa link sangat penting. Link ke situs anda biasanya dipahami oleh Search Engine sebagai vote untuk situs anda. Link dari situs yang memiliki topik atau tema yang sesuai dengan situs anda labih baik daripada situs dengan tema yang samasekali beda. Situs-situs penting yang ngelink ke situs anda akan menambah bobot situs anda - contohnya dari Open Directory, atau Yahoo Directory.

Tapi… aturannya telah berubah secara drastis! Semua pemikir /webmaster bekerja sangat hati-hati untuk membangun link, dengan tujuan untuk mengakali rangking search engine dan meningkatkan keuntungan mereka sendiri dengan mengobarkan orang lain. Sudah cukup lama beredar rumor mengenai hal ini, komentar staf Google, mereka akan memberi penalti bagi yang membuat link ke “bad neighbourhoods” dan melarang pembelian link! Gogle akan dengan mudah mengabaikan atau tidak menghitung link dengan pola ini, dan telah memperketat aturannya dengan dua cara yang menarik …

Bad Links – Links yang tidak relevan

Beberapa link yang buruk (kok kayanya nggak enak didenger ya?)…contohnya kalau anda punya perusahaan dealer mobil di Indonesia dan anda punya puluhan link yang tidak relevan misalnya ke situs-situs hotel internasional misalnya di Bangkok, Tokyo, Paris, Shanghai, dll! Itu adalah BAD neighbourhood! Hal ini hanya akan merugikan anda sendiri.Mengenai situs Free For All link, web rings, dan pola link tiga arah… itu hanya akan membunuh diri anda sendiri! Kenapa? Karena ini jelas-jelas cheating terhadap system yang akan membuat Google berang! Lebih baik anda menggunakan trik yang aman “Advanced Dummy Blogging” dengan memanfaatkan blog-blog anda sendiri. Mengenai trik ini akan di jelaskan di akhir tulisan ini.

Tukar link – Usaha yang Sia-sia?

Tukeran link masih memberi sesuatu yang berarti, dengan syarat title dari linknya tepat, dan jika situs yang dia link memiliki PR yang lebih tinggi dari PR situs yang anda link. Konsep mengenai link ke situs anda adalah vote ke situs anda, dan akan ditambahkan ke jumlah Total Vote Count yang memiliki ekor(berupa good authority) untuk situs anda. Link dari anda ke orang lain pada dasarnya mengurangi satu vote dari total jumlah vote anda…artinya nilainya adalah sangat kecil jika dibandingkan dengan incoming backlink satu arah!

Outward Links Satu Arah Adalah Racun

Mari kita umpamakan anda adalah seorang penyedia jasa, seperti klinik kesehatan, anda bekerjasama dengan rumah sakit, dokter lain, spesialis, perawat dan laboratorium Jadi, sebagai nilai tambah buat pengunjung anda, anda pasang direct link ke situs mereka pada link pages anda. Apakah itu tindakan cerdas?

Pasti jawabannya TIDAK! Anda butuh transfusi, karena anda akan kehilangan banyak darah (inward link) tapi tidak ada yang mengganti darah yang anda keluarkan! Lakukan, tapi dengan cara yang cerdas, karena tidak ada keuntungan yang anda dapat dari membuat link kepada situs yang tidak memberikan linkback. Jadi, pastikan bahwa links yang anda buat memuat “nofollow” yang berfungsi memberi tahu search engine bahwa link tersebut bukan merupakan VOTE situs anda terhadap situs tersebut!

Saya memang memuat ratusan linknya para sahabat blogger di blog ini, tapi kalau ternyata tidak ada linkback beberapa hari ke depan akan saya hapus nama teman-teman yang tidak membuat outward link ke blog ini atau saya rubah ke “nofollow”, makanya segera pastikan link blog ini sudah ada di blog anda karena saya selalu memeriksa who linked to my blog!

Link Content Adalah Misi Berbahaya

Misi ini berbahaya karena google dan kawan-kawan memutuskan bahwa mereka tidak bisa mempercayai anda JUJUR terhadap situs anda! Pada dasarnya ada dua kelompok web – yang tidak banyak tahu bagaimana cara kerjanya, dan yang tahu lebih banyak dari yang seharusnya. Sebenarnya ada kelompok ketiga, yang baru saja membangun situs yang hebat dengan banyak konten yang sangat bagus sehingga secara otomatis memiliki rangking tinggi – tapi tak seorangpun dari tahu mengenai orang ini.

Kelompok yang tahu lebih banyak dari yang seharusnya secara brutal memanipulasi setiap peluang yang ada untuk mendominasi rangking di search engine, dengan mengorbankan mereka yang telah membaca SEO For Dummies. Oleh karena itu Google memutuskan bahwa esensinya adalah bahwa ada korelasi antara apa yang ANDA katakan tentang situs anda dan apa yang ORANG LAIN katakan. Ini dilakukan oleh Google dengan menganalisa kata-kata pada LINK TITLE yang ditujukan ke situs anda. Intinya di sini – jika frase keyword tidak tampak pada link yang ditujukan ke situs anda, anda tidak akan mendapat rangking untuk frase tersebut.

Untuk situs yang sudah mapan, ini adalah alasan utama kenapa rangking situs mengalami penurunan yang cukup berarti dalam beberapa bulan terakhir. Sebagian besar situs yang sudah berumur, mayoritas akan mendapatkan incoming links berdasarkan nama bisnis mereka, bukan karena aktivitas / produk / services / lokasi, dll. Untuk menggunakan analogi “widgets” secara umum – jika perusahaan anda menjual “ebook” dan dan semua incoming links yang masuk menggunakan judul nama perusahaan anda seperti e-minimart.co.ltd dan bukan menggunakan No.1 eBook Store, sangat sulit bagi anda untuk membawa “widgets”/ “ebook” anda ke posisi atas! Orang- orang marketing atau advertising lebih tahu banyak mengenai branding atau pembuatan campain text yang catchy.

Backlink analysis reveal mengalami perubahan cukup cepat, dan anda beruntung, ini memungkinkan memulihkannya dengan membangun 1-way incoming back-links menggunakan Title/Description dengan kombinasi yang mengandung keywords yang relevan. Memang membutuhkan analisa keywords, dan lumayan melelahkan, tapi kalau anda tidak melakukannya, bisa dipastikan anda jalan ditempat sementara pesaing anda berlari dengan cepat! Sekali lagi pilih keywords yang tepat!

Advanced dummy blogging adalah salah satu dari ratusan atau ribuan strategi link building yang pantas anda pertimbangkan. Teman saya yang pasti anda kenal mengirim saya email melalui layanan email feedblitz mengenai strategi ini. Saya sarankan anda membaca tulisan mas guru Cosa di post terbarunya mengenai advanced dummy blogging.


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Belajar Bahasa Inggris