4 Dokter Indonesia Terserang Flu Babi !


Virus flu babi (swine flu) bisa menyerang siapapun. Empat orang dokter dari Rumah Sakit Umum Pusat Sardjito, Yogyakarta dinyatakan suspect flu babi.

Keempat dokter tersebut baru saja pulang dari Korea Selatan untuk mengikuti paduan suara. Keempat dokter saat ini diisolasi di ruangan khusus Rumah Sakit Sardjito Yogyakarta.

"Pada awalnya hanya ada satu dokter yang dirawat, namun ada dua lagi dokter yang dirawat dan pada akhirnya ada satu lagi seorang dokter yang secara sukarela datang untuk dirawat di ruang isolasi khusus," kata Ketua penanggulangan flu babi Yogyakarta, dr Sumardi, Selasa (14/7).

Sementara itu Menteri Kesehatan Siti Fadilla Supari mengungkapkan, saat ini hampir semua pulau-pulau yang ada di Indonesia sudah dimasuki virus H1N1 (flu babi).

"Sekarang hampir semua kepulauan telah kemasukan flu babi, karena kita tidak bisa menolak turis-turis asing," kata Menkes di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (14/7).

Suspect dan penderita yang positif flu babi di Indonesia saat ini masih 100 orang. Sedangkan di Malaysia tercatat 700 orang dan Korea Selatan 40 orang. Penderita yang positif namun kondisinya lebih baik sejauh ini tidak dirawat, hanya di karantina sesuai peraturan internasional.

Sementara di Medan, penderita positif flu babi tercatat menjadi 7 orang, setelah kemarin seorang lagi dinyatakan positif. Pasien yang dinyatakan positif itu, berdasarkan hasil laboratorium Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Litbangkes) Departemen Kesehatan RI, berinisial Ag (41).

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Sumut, dr Candra Safei SpOG, selain 7 yang positif flu babi, ada 20 warga lainnya dinyatakan suspect penyakit tersebut. Meskipun demikian, ia mengimbau warga tidak panik, karena virus H1N1 mudah dijinakkan dibanding flu burung.

Chandra mengatakan pihaknya sudah menyiapkan dana penanggulangan kasus flu babi senilai Rp 300 miliar. "Belum ada dana khusus untuk flu babi, karena juga kasus ini baru muncul di Sumatera Utara beberapa minggu ini," ujarnya.

http://www.harian-global.com/index.php?option=com_content&view=article&id=11354:gawat-empat-dokter-diserang-flu-babi-wabah-flu-babi-sudah-merata-&catid=25:metro&Itemid=53
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Belajar Bahasa Inggris