Dua Gadis Bersahabat Lakukan Bunuh Diri Bareng !


Hidup ini memang susah tapi jangan sampai keputusan yang kita ambil akan menyusahkan orang lain juga. Hal ini berlaku bagi dua perempuan yang lama bersahabat, Lia Nurhabibah (17), warga Dusun Bangkok Timur, Desa Bangkok, Gurah, Kab. Kediri, dan Siti Dewi Masitoh (18) yang masih bertetangga, nekat berusaha bunuh diri bersama dengan menenggak potas jenis racun ikan dicampur minuman ringan Sprite dan obat sakit kepala Bodrex.

Menurut informasi yang dihimpun Harian Surya, diduga kuat keduanya sudah janjian untuk mengakhiri hidupnya. Dari beberapa kesaksian menyebutkan, keduanya terlihat masuk ke dalam kamar Siti sekitar pukul 21.00 WIB. Setengah jam kemudian Lia berlari keluar dari kamar dan berteriak memanggil Siren (45), ayah Siti. Spontan Siren mendatangi suara tersebut dan mendapati Lia berteriak minta tolong sambil memegangi tenggorokan dan perutnya.

Setelah melihat ke dalam kamar, Siren melihat anaknya, Siti, terkapar di lantai dengan mulut berbusa serta mata melotot. Siren langsung berteriak minta tolong. Teriakan ini didengar Sukimen (42), ibu Siti, dan para tetangga. Sementara Lia berusaha lari pulang, tetapi terjatuh dan tergeletak di kandang sapi dekat rumahnya dengan kondisi mulut berbusa.

Warga yang berdatangan langsung melarikan Siti dan Lia ke RS Siti Khodijah. Namun naas, nyawa Siti tidak tertolong dan meninggal dalam perjalanan. Sementara Lia, putri pertama pasangan Doiri (40) dan Suparmi (35), kondisinya kritis dan masih menjalani perawatan. Menurut keterangan Direktur RS Siti Khodijah, Masrur, saat dibawa ke RS, Siti sudah meninggal dunia, sedangkan Lia dalam kondisi kritis serta tidak sadar.

Menurut Yusi, bibi Lia, keponakannya itu memang sudah lama bersahabat dan sering curhat (mencurahkan isi hatinya) kepada Siti yang sehari-hari bekerja sebagai buruh Pabrik Rokok (PR) Taji Mas Plosoklaten. “Mereka sudah berteman lama dan sering ngobrol,” ujar Yusi saat ditemui di RS Siti Khodijah. Namun diungkapkan Yusi, beberapa hari terakhir Lia terlihat lebih banyak diam dan termenung seperti tertekan dan memendam masalah. Padahal, Lia baru menikah 24 Juli 2009 lalu dengan Sudarsono (23), warga Dusun Bolodewo, Desa Wonorejo, Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri.

“Saya tidak tahu, apakah penyebabnya karena dia dipaksa menikah dengan pria pilihan orangtuanya itu hingga keponakan saya itu nekat, atau ada sebab lain,” tuturnya. Sedangkan alasan orangtua memilih Sudarsono sebagai menantu karena lelaki itu sudah mapan dan punya pekerjaan di sebuah pabrik di Wates serta menyukai Lia sejak lama. Namun, sejak menikah Lia berubah menjadi pendiam, sering termenung, dan beberapa kali curhat kepada Siti.

Ketika disinggung mengenai masalah yang dihadapi Siti, Yusi mengaku tidak tahu pasti. Namun, ia sempat mendengar bahwa Siti putus asa melihat orangtuanya yang sakit-sakitan. Kepastian motif kenekatan dua perempuan itu bunuh diri, saat ini masih dalam penyelidikan polisi. Polisi yang datang tidak lama setelah mendapat laporan warga langsung melakukan olah TKP. “Kami menemukan sebuah gelas, minuman Sprite, obat sakit kepala Bodrex, dan sisa potas dalam kamar korban (Siti). Barang-barang inilah yang menjadi penyebab celakanya dua korban,” kata Kapolsek Gurah AKP Sudiono.

Dari informasi di TKP dan pemeriksaan keluarga korban, dugaan kuat mengarah pada perjodohan yang tidak dikehendaki Lia serta Siti yang putus asa dengan penyakit yang diidap orangtuanya. “Namun, kita akan perdalam penyelidikan sambil menunggu Lia sehat,” paparnya. Hasil penyelidikan sementara, bunuh diri ini sudah direncanakan oleh kedua korban. Dengan kata lain, keduanya sudah janjian untuk mengakhiri hidup akibat beban masalah masing-masing.

Sementara itu, Nanang, warga Gurah pemilik toko penjual potas, juga akan dimintai keterangan oleh polisi, terutama untuk mengetahui siapa yang membeli potas. Sebab dari keterangan yang digali polisi, potas itu dibeli pada Jumat (31/7) sore di toko tersebut. “Termasuk akan kita selidiki, apakah ada tekanan atau paksaan dari pihak lain sehingga keduanya nekat bunuh diri,” kata AKP Sudiono.

kompas
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Belajar Bahasa Inggris