Pernikahan Gay Yang Menghabiskan Rp 662 M !

AS sedang seru-serunya dengan pertarungan Barak Obama-Joseph Bidden dan John McCain-Sarah Palin menjelang pilpres. Namun ada juga pertarungan yang tak kalah seru, yakni pro kontra larangan pernikahan gay di California. Penggalangan dana kampanyenya bahkan sudah mencapai Rp 662,475 miliar.

Tercatat sekitar 64 ribu orang dari seluruh 50 negara bagian Negeri Paman Sam dan lebih dari 20 negara lainnya mengumpulkan dana kampanye untuk mendukung maupun menolak larangan tersebut.

Menurut analisa AP, para penentang larangan tersebut mengumpulkan Rp 353,685 miliar. Sedangkan para pendukung larangan tersebut menggalang Rp 308,79 miliar.

Isu ini termasuk cukup menyedot perhatian warga AS hingga terjadi penggalangan dana yang cukup besar. Sebagai perbandingan, penggalangan dana di Minnesota untuk menuju kursi Senat AS hanya meraup Rp 383,250 miliar. Sedangkan pemilihan presiden mencapai triliunan rupiah.

"Mengejutkan memang, betapa orang rela mengeluarkan uang banyak untuk isu ini. Diperkirakan sudah 90 persen orang telah membuat keputusan pro atau kontra," kata Presiden Pusat Studi Pemerintah Robert Stern.

Dana yang terkumpul dari para pendukung maupun penentang larangan pernikahan gay tersebut datang dari para tokoh agama konservatif, aktivis hak asasi gay, selebritis maupun kaum jetset Hollywood, para eksekutif, bahkan guru.

reuters/AP
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Belajar Bahasa Inggris