Gus Dur Tak Yakin Amrozi Cs Sudah Ditembak Mati ( Hot ! )

Sosok KH Abdurrahman 'Gus Dur' Wahid dikenal dengan pernyataannya yang ceplas-ceplos dan kerap mengundang kontroversi. Itu diulanginya terkait dengan eksekusi Amrozi Cs.

Dalam kasus trio terpidana mati bom Bali I ini tak ikut-ikutan membahas soal syahid atau tidaknya kematian trio bomber itu atau kontroversi seputar hal-hal gaib yang muncul di saat pemakaman mereka.

Gus Dur lebih memilih berkomentar seputar eksekusi itu dari sisi politik. Dan lagi-lagi bukan Gus Dur kalu tidak mengeluarkan komentar yang mengejutkan.

Dalam sebuah acara bincang-bincang, Sabtu (15/11), Gus Dur mengatakan bahwa meski foto wajah Amrozi cs berkafan sudah beredar, ia mengaku masih meragukan trio Bali bomber itu sudah didor. Mantan Presiden ini bahkan menduga bisa jasad siapa saja, namun bukan Amrozi, Mukhlas, maupun Imam Samudra.

"Saya itu malah bertanya, dalam hati, apa betul Amrozi itu dihukum tembak. Jangan-jangan nggak," ujar Gus Dur di sela HUT ke-3 Kongkow Bareng Gus Dur di Utan Kayu, Jakarta, Sabtu (15/11).

Jadi jasad siapa itu? "Alah, banyak, baru mayat," cetus Gus Dur. "Ya dibiarin aja. Nanti mereka juga akan muncul sendiri pada waktunya," imbuhnya.

Hal itu, lanjut dia, terjadi karena pemerintahan Indonesia penakut. Jika Amrozi cs sampai benar-benar ditembak, dikhawatirkan kelompok keras akan mengamuk nantinya.

Foto wajah Amrozi cs berkafan akan memunculkan radikalisme baru? "Tidak. Ganti pemerintah nanti, orang seperti Amrozi segera dihukum mati, begitu juga dengan Habib Rizieq," ujarnya merujuk pada Ketua FPI

Kenapa Rizieq? "Karena dia melanggar UU terus menerus. Orang yang bawa senjata tajam terhunus di muka umum ya melanggar UU, dan harus ditangkap," tandas Gus Dur.


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Belajar Bahasa Inggris