Mau Jadi PRT Malah Dijadikan Budak Seks !

Meski sesama negara kawasan Timur Tengah, lain antara Kuwait dan Syria. Satu lagi kisah miris tentang buruh migran Indonesia. Sekitar 50 tenaga kerja wanita asal Indonesia mengalami berbagai pelecehan seks di Damaskus, Syria. Sebagian dari mereka juga dipaksa menjadi budak seks para agen tenaga kerja.

"Kami mendengar hal tersebut dari Yeni yang kini dirawat di RS UKI," ujar tim advokasi Migrant Care, Harsono kepada detikcom.

Harsono menjelaskan Migrant Care mendapat informasi itu dari Yeni Binti Maman asal Desa Maya RT 05/RW 05 Kec Cibeber, Cianjur, yang kini telah kembali ke Indonesia. Yeni sudah dua bulan menjadi TKW di Syiria. Ia pulang karena penyakitnya.

"Tapi bukan karena disiksa, Yeni juga tidak mengalami pelecehan. Tapi teman-temannya banyak yang mengalaminya," tambah Harsono.

Menurut penuturan Yeni ada sekitar 50 TKW di tempat penampungan agen tenaga kerja Roa di Damaskus. Ada yang disalurkan ke tempat kerja, namun banyak yang hanya menjadi budak seks.

"Tidak ada tindakan apapun dari KBRI di Syria mengenai masalah ini," ujar Harsono.

Yeni sendiri kembali ke Indonesia pada 18 November 2008. Kondisinya sakit parah sehingga dipulangkan. Yeni diberangkatkan oleh perusahaan jasa TKI Akbal Putra Mandiri. Seharusnya ia diberangkatkan ke Yordania, namun akhirnya Yeni diterbangkan ke Damaskus. (dc/hr)
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Belajar Bahasa Inggris