Spesies Pinguin Yang Punah Karena Disantap Manusia !

Oleh Merry Magdalena


Bagi yang pernah menonton film Happy Feet, tentu tahu bahwa pinguin itu banyak jenis spesiesnya. Ada yang masih bertahan dan ada yang sudah punah. Kedatangan manusia di Selandia Baru adalah penyebab utama kepunahan salah satu spesies pinguin. Spesies pingun yang sudah punah itu pernah mendiami habitat pinguin langka bermata kuning saat ini, demikian menurut studi yang dilakukan ilmuwan asal University of Otago, Selandia Baru.

Kepunahan pinguin tersebut diperkirakan terjadi 500 tahun lalu. Keberadaan spesies tersebut ditemukan secara tak sengaja saat ilmuwan meneliti sejarah genetika pinguin mata kuning. Pinguin ini hanya tersisa sekitar 7000 ekor saja, pernah dijumpa di Antarctic Campbell dan kepulauan Auckland.

Dimakan Manusia

“Spesies yang sudah punah ini berukuran 10% lebih kecil dan mereka berkerabat dekat,” jelas Sanne Boessenkool, pimpinan riset tersebut. Tulang tertua ditemukan di Pulau Selatan, jenis pinguin yang lebih kecil dari pingun mata kuning dan mengandung DNA berbeda,

Boessenkoo mengatakan, susah memastikan kenapa pinguin itu punah, namun dugaan paling kuat adalah mereka dimakan oleh orang Polinesia yang datang ke Selandia Baru pada tahun 1280. Berdasarkan penelitian arkeologi, di zaman itu memang aktivitas berburu sangat marak. Burung, termasuk jenis pinguin, adalah target utama mereka.

Spesies yang sudah punah ini dinamakan Megadyptes Waitaha, demi menghormati Waitaha, suku Polinesia pertama yang menguasai Pulau Selatan, Selandia Baru.

Sumber artikel

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Belajar Bahasa Inggris