Beri Nama Aneh, Orangtua Dituntut !

Shakespeare boleh bilang 'what's in a name' yang berarti 'apalah artinya sebuah nama'. Tapi orangtua biasanya memberi anak-anaknya nama yang bermakna bagus. Anak pun bisa malu kalau punya nama aneh dan menjadi bahan ejekan teman-temannya. Ini terjadi pada anak perempuan yang dinamai Talula Does the Hula from Hawaii oleh kedua orangtuanya. Dia sangat malu punya nama aneh yang berarti Talula menari hula-hula di Hawaii itu.
Anak berumur sembilan tahun menyembunyikan nama itu dari teman-temannya. Kalau ditanya, dia biasanya mengaku bernama 'K' (baca: kei). Kasus nama itu kini masuk ke jalur hukum.

“Dia takut diganggu dan dicemooh,” kata Colleen MacLeod, pengacara gadis itu. Nama baru gadis itu tidak akan diungkapkan ke publik.

“Itu membuat sang anak merasa konyol,” tegas Rob Murfitt, hakim pengadilan rumah tangga di Wellington, Selandia Baru, pertengahan pekan lalu.

Pengadilan mengambil anak itu dari orangtuanya dan memerintahkan kedua orangtuanya agar mengganti nama anak perempuan itu dengan sesuatu yang lebih bisa diterima.
Talula Does the Hula in Hawaii bukanlah nama aneh pertama. Dalam beberapa tahun terakhir, pada hakim Selandia Baru dipusingkan dengan banyaknya nama tak lazim pemberian orangtua pada anaknya.

Pengadilan negeri itu pernah menolak nama Yeah Detroit, Stallion, Twisty Poi, Keenan Got Lucy, dan Sex Fruit. Tapi, nama-nama aneh seperti Number 16 Bus Shelter, Midnight Chardonnay, Fat Boy, Cinderella Beauty Blossom, dan Got Lucky diijinkan. “Tragisnya, nama 'Violence' juga diizinkan,” kata salah seorang hakim.
Para hakim mulai terusik setelah ada orangtua yang mendaftarkan anak kembar mereka dengan nama Fish & Chips serta Benson & Hedges, merek rokok terkenal.

Brian Clarke, sekretaris jenderal pendataan perkawinan, kematian, dan kelahiran negara itu mengatakan, hukum Selandia Baru tidak mengizinkan pemberian nama yang bisa menyebabkan ketidaknyamanan. Di antara yang dilarang itu adalah pemberian nama dengan karakter lebih dari 100 huruf.

Jika ada orangtua yang memberi nama tidak lazim pada anaknya, petugas biasanya berusaha meyakinkan mereka tentang potensi rasa malu yang mungkin didapat. “Ketika kami menjelaskan situasinya pada orangtua, kami jadi bisa memahami nama-nama yang akan diajukan,” katanya.

waspada.co.id
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Belajar Bahasa Inggris