Gaji Pemain Chelsea Semusim Setara APBD Surabaya

Chelsea menegaskan diri sebagai klub paling royal di dunia. Musim ini, klub milik miliarder Rusia Roman Abramovich itu diperkirakan menghabiskan uang 150 juta poundsterling (hampir Rp 2,8 triliun) untuk menggaji para pemainnya. Jumlah itu meningkat dibandingkan pengeluaran sama pada musim 2006/2007. Saat itu, pengeluaran tahunan klub untuk membayar gaji para pemainnya mencapai 133 juta poundsterling (sekitar Rp 2,4 triliun). Angka tersebut lebih besar 40 juta poundsterling (Rp 728 miliar) dibanding total gaji para pemain Manchester United (93 juta poundsterling).

Dengan pengeluaran Rp 2,8 triliun, yang ternyata setara dengan kekuatan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Surabaya yang diusulkan untuk tahun anggaran 2009, maka Chelsea menjadi klub paling dermawan sedunia.

Jumlah pengeluaran klub kian melambung seiring dengan kian banyaknya para pemain yang mendapat revisi kontraknya, yang berarti pula akan menerima kenaikan gaji.

Sebelum musim 2008-2009 dimulai, John Obi Mikel dan Joe Cole bakal disodori kontrak (gaji) baru seperti yang sudah dilakukan klub terhadap tiga pemain intinya baru-baru ini, Wayne Bridge, Petr Cech, dan Michael Essien. Selain Obi Mikel dan Cole, negosiasi juga terus dilakukan terkait kontrak baru Frank Lampard, Michael Ballack, dan Didier Drogba.

Seperti dilansir The Times Online, kontrak baru yang ditandatangani Bridge, Cech, dan Essien berarti ada kenaikan sebesar 4 juta pounds dalam rekening gaji tahunan klub. Andaikata Lampard menyetujui tawaran 140.000 pounds per pekan, itu berarti dalam setahunnya gaji Lampard bakal naik sebesar 1,5 juta pounds (Rp 27,3 miliar).

Kenaikan gaji dua kali lipat yang bakal diterima Obi Mikel, dari 40.000 pounds menjadi 80.000 pounds per minggunya juga berarti rekening gaji tahunan klub bertambah 2 juta pounds per tahunnya. Gelandang muda Timnas Nigeria berusia 21 tahun ini bakal diplot sebagai pengisi posisi yang ditinggalkan Claude Makelele yang hijrah ke Paris St Germain. Chelsea pun harus rela menyediakan 1 juta pounds tambahan seiring dengan kontrak baru yang ditawarkan kepada Cole.

Besarnya pengeluaran gaji tahunan klub juga disebabkan tingginya nilai kontrak yang diterima dua pemain baru yang diboyong Luiz Felipe Scolari: Deco dan Jose Bosingwa. Kontrak Deco di Stamford Bridge berdurasi tiga tahun dengan nilai per tahunnya mencapai 5 juta pounds. Sementara Bosingwa 2,5 juta pounds.

Sementara itu, pelatih baru Chelsea Luiz Felipe Scolari yakin dengan komposisi pemain yang ada, timnya bakal sukses merebut gelar juara Premiership dari Manchester United dan bahkan menjadi juara Liga Champions. Ia hanya tertawa saja ketika mendengar bahwa pelatih MU Sir Alex Ferguson meremehkan skuadnya dengan menyebut Chelsea adalah sekumpulan pemain tua.

“Saya mempunyai pemain berpengalaman dan sejumlah pemain muda. Kami juga berpengalaman menjadi juara Premiership,” katanya.

surya online
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Belajar Bahasa Inggris