Fidel Castro - Sang Revolusioner Kuba !


Fidel Castro, yang telah mengumumkan diri mundur dari kursi Presiden Kuba, telah memerintah negaranya begitu lama, sehingga hampir 75% warganya tidak pernah mengenal pemimpin lain.

Kendati Amerika Serikat telah mencoba menggusur dia, Presiden Castro bertahan, sementara sembilan presiden silih berganti memerintah di Washington D.C. sejak dia berkuasa tahun 1959.
Pada Juli 2006 Presiden Castro menjalani bedah darurat pada saluran pencernaan dan absen dari semua acara publik sejak saat itu.

Meski para pejabat Kuba mengatakan, pemimpin mereka sedang mengalami pemulihan, ketidakmunculannya memicu keraguan soal kesehatannya.

Pada 19 Februari 2008, Castro mengumumkan: "Saya tidak akan berniat untuk atau pun menerima jabatan presiden dewan negara dan panglima tertinggi."

Dia telah mengisyaratkan setidaknya pada 17 Desember dalam sepucuk surat yang dibacakan di televisi Kuba, bahwa dia mengemban tugas untuk tidak mencengkeram kekuasaan atau menghalangi generasi yang lebih muda.

Selagi saudaranya, Raul, yang juga sudah uzur, bertindak sebagai penjabat presiden sejak tahun lalu, istilah pemimpin yang lebih mudah secara tersirat menyatakan Raul mungkin tidak secara otomatis menggantikan dia.

Pertanyaan yang masih belum terjawab adalah apakah Revolusi Komunis Kuba akan tetap bertahan hidup setelah era Fidel Castro.

Keluarga kaya
Pemimpin Komunis, yang dikenal karena pidato panjang penuh retorika anti-Amerika terlahir pada 1926 dari keluarga tuan tanah yang kaya dan dinamai Fidel Alejandro Castro Ruz.



Che Guevara, seorang sekutu dekat Castro dalam revolusi
Castro muda menjalani pendidikan Jesuit dan lulus dari Universitas Havana sebagai ahli hukum.

Kelanjutan kisah ini bisa di baca di sini

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Belajar Bahasa Inggris