Telanjangi Murid Karena Dompet Hilang

Gara-gara ada seorang murid yang kehilangan dompet, 16 siswa putri digeledah gurunya. Yang bikin geger, mereka digeledah dengan cara ditelanjangi.

Ratan Kumar, perwira senior di Kepolisian Dhanbad, negara bagian Jharkhand, Selasa (29/4), mengatakan, para gadis itu dibawa ke sebuah ruangan dan ditelanjangi satu per satu, akhir pekan lalu. Aksi memalukan dilakukan para guru untuk mencari uang hilang yang nilainya tidak sampai satu dollar itu.

"Perintah untuk menggeledah dengan penelanjangan itu sama sekali tidak adil," kata Kumar dalam wawancara lewat telepon. Gaya pemeriksaan semacam itu membuat para korban menangis dan minta ampun.

Ketika tindakan para guru itu tersebar, ratusan orang berdemonstrasi di depan sekolah dan para siswa mogok belajar. Mereka menuntut tindakan tegas terhadap para guru yang menggeledah itu. Menurut polisi, lima guru dan kepala sekolah pergi. Polisi mengatakan, meski dilarang, hukuman badan masih kerap dilakukan untuk mendisiplinkan siswa di India.

September 2007, tujuh siswi dihukum bertelanjang dan berdiri di meja oleh guru mereka di New Delhi hanya karena tidak menyelesaikan pekerjaan rumah. Sementara, siswa lain disuruh mengolok-olok mereka.

Tahun lalu, sebuah penelitian yang dilakukan pemerintah dan didukung oleh Unicef menemukan bahwa dua per tiga siswa di India pernah mendapat hukuman fisik, terutama di rumah dan sekolah.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Belajar Bahasa Inggris